Traccer Study


Tracer study merupakan penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk menyempurnakan dan penjaminan kualitas lembaga Pendidikan Tinggi. AMIK Pakarti Luhur melaksanakan tracer study sejak tahun 2018. Pada tahun 2018 kegiatan tracer study dilaksanakan secara seragam dan serentak untuk 2 Program Studi di AMIK Pakarti Luhur, yaitu Program Studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Kegiatan tracer study yang dilaksanakan oleh Pengelolaan Alumi memberikan manfaat secara langsung bagi AMIK Pakarti Luhur. Hasil studi yang dilakukan setiap tahun akan dilaporkan kepada Wakil Direktur Bidang Akademik untuk kemudian dilakukan pembahasan dan evaluasi bagi perkembangan dan perbaikan kurikulum. Selain itu, hasil studi yang dilakukan juga sangat bermanfaat bagi akreditasi yang akan mendukung masing – masing Program Studi (Prodi) yang ada di AMIK Pakarti Luhur.

Tracer study bertujuan untuk :

  1. 1. Mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja
  2. 2. Mengetahui keluaran pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan kompetensi
  3. 3. Mengetahui proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan.